Oemar Bakri's Blog

Perahu Negeriku Jangan Retak Dindingmu

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL


PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)
Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : I / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1. Menerapkan Hidup Rukun dalam perbedaan 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa • Menjelaskan cirri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
• Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
• Mencari contoh dari pengalaman sehari-hari tentang kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan
• Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya.
• Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama.
• Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang ada di Indonesia.
• Menyebutkan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
• Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
• Membedakan cirri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat/budayanya.
• Menjelaskan arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika
KKM KD.1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah. • Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
• Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
• Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
KKM KD.2
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
• Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam. lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
KKM KD.3
KKM SK.1
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah • Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
• Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
• Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib.
KKM KD.1
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah • Menunjukkan sikap tertib di rumah.
• Menunjukkan sikap tertib di sekolah.
KKM KD.2
KKM SK.2
KKM MAPEL PKn KELAS I SEMESTER 1

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)
Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : I / 2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
3. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah 3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain belajar dan gembira dan didengar pendapatnya • Menjelaskan arti hak.
• Menyebutkan hak anak di rumah.
• Menyebutkan hak anak di sekolah.
• Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
KKM KD.1
3.2 Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah • Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
• Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan.
• Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan dirumah atau disekolah.
• Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
• Melaksanakan hak anak dirumah dan disekolah.
KKM KD.2
KKM SK.3
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah 4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah • Menjelaskan arti kewajiban.
• Menyebutkan kewajiban anak di rumah.
• Menyebutkan kewajiban setiap anggota keluarga.
• Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
• Menjelaskan jenis-jenis kewajiban siswa di sekolah.
• Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal.
• Melaksanakan tata tertib di rumah.
• Melaksanakan tata tertib di sekolah.
KKM KD.1
4.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat • Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat.
• Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
• Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat.
• Menyebutkan aturan yang berlaku di masyarakat.
• Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat.
• Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
KKM KD.2
KKM SK.4
KKM MAPEL PKn KELAS I SEMESTER 2
KKM MAPEL PKn KELAS I TA.2009/2010
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : I / 1

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat • Menyebut nama lengkap dan panggilan beserta usia.
• Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah.
• Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
KKM KD.1
1.2 Menceritakan pengalaman diri • Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
• Menceritakan pengalaman pergi ke sekolah, di sekolah atau pulang sekolah.
• Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar.
• Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
KKM KD.2
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga • Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
KKM KD.3
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. • Memberi contoh kemajemukan keluarga (jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll)
• Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
• Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
• Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
• Menunjukkan sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari.
• Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perilaku dalam keluarga.
KKM KD.4
KKM SK.1
KKM MAPEL IPS KELAS 1 SEMESTER 1

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : I / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungan keluarga • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
• Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialmi sendiri.
• Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
KKM KD.1
2.2 Mendeskripsi kan letak rumah • Mengidentifikasi ruang dalam rumah.
• Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
• Menggambar denah rumah sendiri.
• Menjelaskan denah rumah sendiri.
KKM KD.2
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah. • Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat.
• Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat.
• Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
• Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
• Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
• Menyebutkan cara perawatan rumah yang sehat.
• Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
• Menjelaskan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
KKM KD.3
KKM SK.2
KKM MAPEL IPS KELAS I SEMESTER 2
KKM MAPEL IPS KELAS I TA.2009/2010
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)
Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : I / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya, serta cara perawatanya 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatanya. • Menunjukkan bagian-bagian tubuh (mata, hidung,telinga,dll)
• Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
• Menunjukkan cara merawat tubuh.
• Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
KKM KD.1
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air,pakaian,udara, lingkungan sehat) • Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
• Menyebutkan guna air,makanan,pakaian,udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat.
KKM KD.2
1.3 Membiasakan hidup sehat. • Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
• Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang.
• Menjelaskan keuntungan melakukan olahraga beristirahat dan tidur yang teratur agar tubuh sehat dan kuat.
• Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan (cuci tangan,memotong kuku,olahraga,beristirahat dan tidur)
KKM KD.3
KKM SK.1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat. 2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat. • Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
• Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
• Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
KKM KD.1
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat. • Mengemukakan cirri-ciri lingkungan yang sehat dan cirri-ciri lingkungan yang tidak sehat.
• Menjelaskan bahwa air kotor, tumpukan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
• Menyimpulkan hasil diskusi.
• Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
KKM KD.2
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar. • Menyebutkan alas an perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
• Menyebutkan hal-hal yang diperlukan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
KKM KD.3
KKM SK.2
3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. 3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan. • Melakukan pengamatan cirri-ciri benda dengan cermat.
• Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, dan permukaan.
• Menyebutkan ciri-ciri benda yang ada di sekitar sekolah.
• Membandingkan bentuk benda.
KKM KD.1
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya. • Menjelaskan hasil perubahan benda karena perlakuan tertentu.
KKM KD.2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda dilingkungan sekitar • Menceritakan kegunaan benda di rumah, di sekolah dan tempat lain.
• Mendemonstrasikan cara penggunaan beberapa benda.
KKM KD.3
KKM SK.3
KKM MAPEL IPA KELAS I SEMESTER 1

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : I / 2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percoban • Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
• Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
• Menyebutkan benda yang sulit bergerak.
• Memperagakan cara menggerakkan benda.
• Menyebutkan bentuk gerak.
KKM KD.1
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan dan magnet) • Menjelaskan penyebab gerak.
• Menunjukkan baterai, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.
• Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.
• Mencontohkan listrik dan panas sebagai kegunaan energi.
• Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
• Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik.
• Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
• Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
KKM KD.2
KKM SK.4

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
5. Mengenal bernagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia. 5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan. • Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
• Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
• Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.
KKM KD.1
5.2 Mengenal keadaan cuaca disekitar kita • Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan.
• Menjelaskan keuntungan musim hujan.
• Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba.
• Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
• Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
KKM KD.2
5.3 Membedakan pengaruh musim hujan dan musim kemarau • Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
• Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
• Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
• Menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat musim hujan dan kemarau.
• Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau.
KKM KD.3
KKM SK.5
KKM MAPEL IPA KELAS I SEMESTER 2
KKM MAPEL IPA KELAS I TA.2009/2010
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 1.1 Membilang banyak benda • Menyebutkan banyak benda.
• Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
• Membilang banyak benda.
• Membaca dan menulis lambang bilangan.
KKM KD.1
1.2 Mengurutkan banyak benda. • Mengurutkan banyak benda dari yang sedikit ke benda yang terbanyak.
• Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terkecil.
• Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
• Membilang loncat 2,3 dan 4.
KKM KD.2
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 • Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari.
• Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20.
• Menghafal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
• Menjumlahkan bilangan 3 angka sampai 20.
KKM KD.3

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 • Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
• Mengurangkan bialangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya

KKM KD.3
KKM SK.1
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang. 2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat) • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
• Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
• Mengurutkan nama-nama bulan dalam setahun.
• Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding ) jam pas.
• Menggambar jam sesuai dengan kegiatan.
• Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
KKM KD.1
2.2 Menentukan lama suatu kejadian. • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
• Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
KKM KD.2
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek,panjang) dan membandingkanya • Menyebutkan panjang benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang)
• Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek
• Membandingkan panjang suatu benda (lebih panjang, lebih pendek)
• Mengenal jarak dekat dan jauh.
• Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
• Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
• Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama
• Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama
KKM KD.3
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang. • Meyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
KKM KD.4
KKM SK.2
3. Mengenal berbagai bangun ruang. 3.1 Mengelompok kan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola dan kerucut) • Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk bola, tabung, balok, prisma, dan kerucut.
• Mengelompokkan benda-benda menurut bentuk , permukaan, dan cirri-ciri lainya.
• Mengelompokkan benda-benda yang sejenis.
KKM KD.1
KKM SK.3
KKM MAPEL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER 1

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah. 4.1 Membilang banyak benda. • Menyebut banyak benda.
• Membilang banyak benda.
• Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit dan sama dengan.
• Membaca dan menulis lambing bilangan 21 sampai 50.
KKM KD.1
4.2 Mengurutkan banyak benda • Mengurutkan sekelompok bilangan yang terpola teratur dari yang terkecil .
• Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
• Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainya.
KKM KD.2
4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan. • Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
• Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
KKM KD.3
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. • Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan.
• Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek (2angka dengan 1 angka tanpa menyimpan)
• Penjumlahan secara bersusun panjang.
• Menjumlah 2 bilangan dua angka.
• Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
• Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
• Mengurangkan bersusun 2 bilangan satu angka.
• Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun tanpa teknik meminjam.
• Mengurangkan bilangan 2 angaka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
• Mengurangkan 2bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10
• Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
• Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan.
• Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan.
SK KD.4
4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompoka. • Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
SK KD.5
SK KKM.4
5. Menggunakan pengukuran berat 5.1 Membandingkan berat benda (ringan, berat) • Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
• Memberi contoh benda yang berat dan ringan.
• Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
• Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.

KKM KD.1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda. • Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
• Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
• Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.
KKM KD.2
KKM SK.5
6. Mengenal bangun datar sederhana 6.1 Mengenal segitiga, segiempat, dan lingkaran. • Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
• Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
• Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
KKM KD.1
6.2 Mengelompok kan bangun datar menurut bentuknya. • Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau ciri lainya.
KKM KD.2
KKM SK.6
KKM MAPEL MATEMATIKA KELAS I SEMESTER 2
KKM MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 TA.2009/2010

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Penjaskes
Kelas / Semester : I / 1

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
1. Mempraktikkan gerak dasar kedalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya 1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportifitas kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
KKM KD.1
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportifitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
KKM KD.2
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana serta nilai sportifitas kejujuran kerjasama, toleransi dan percaya diri.
KKM KD.3
KKM SK.1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
2. Mendemonstrasi kan sikap tubuh dalam berbagai posisi 2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
KKM KD.1
2.2 Mendemonstrasi kan sikap dalam posisi berjalan
KKM KD.2
KKM SK.2
3. Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung didalamnya. 3.1 Mempraktekkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin.
KKM KD.1
3.2 Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
KKM KD.2
KKM SK.3
4. Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung didalamnya 4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
KKM KD.1
4.2 Memprakteikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
KKM KD.2
KKM SK.4
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
5. Menerapkan budaya hidup sehat. 5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
KKM KD.1
5.2 Mengenal pentingnya imunisasai
KKM KD.2
KKM SK.5
KKM MAPEL PENJASKES KELAS I SEMESTER 1

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)
Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Mata Pelajaran : Penjaskes
Kelas / Semester : I / 2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
6. Mempraktekkan gerak dasar keaktivitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya 6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
KKM KD.1
6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar mengayun, menekuk dalam permainan sederhana dan nilai kerjasama toleransi kejujuran dan tanggung jawab.
KKM KD.2
6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap objek berbagai ukuran dalam permainan sederhana kerjasama toleransi kejujuran dan tanggung jawab.
KKM KD.3
KKM SK.6
7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi. 7.1 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam
KKM KD.1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
7.2 membiasakan menampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak.
KKM KD.2
KKM SK.7
8.Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya. 8.1 Mempraktikan gerak senam lantai sederhana,serta nilai percayadiri dan disiplin.
KKM KD.1
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin.
KKM KD.2
KKM SK.8
9.Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya. 9.1 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi bunyian secara individu,serta nilai estetika.
KKM KD.1
9.2 Menampikan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi bunyian secara berpasangan/kelompok kecil,serta nilai estetika.
KKM KD.2
KKM SK.9
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
10.Mempraktikan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya. 10.1 Mempraktikan aktifitas dasar di air.
KKM KD.1
10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di air dangkal disertai nilai percayadiri,kebersihan,dan disiplin.
KKM KD.2
KKM SK.10
11.Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya 11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu,dan nilai disiplin,kerjasama,dan kebersihan lingkungan.
KKM KD.1
11.2 Mempraktikkan berbagai aktifitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah,dan nilai disiplin,kerjasama dan pola hidup sehat.
KKM KD.2
11.3 Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik.
KKM KD.3
KKM SK.11

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KETERANGAAN
Kompleksitas Daya Dukung Intake
12.Menerapkan budaya hidup sehat 12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
KKM KD.1
12.2 Mengenal makanan sehat
KKM KD.2
KKM MAPEL PENJASKES KELAS I SEMESTER 2
KKM MAPEL KELAS I TA.2009/2010

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Kelas / Semester : I

NO MATA PELAJARAN KKM KETERANGAN
SEMESTER 1 SEMESTER 2 TA. 2009/2010
1 Pendidikan Agama Islam
2 Pendidikan Kwarganegaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Keterampilan
8 Pendidikan Jasmani
9 Bahasa Lampung
10 Bahasa Inggris

DITETAPKAN DI : LEBAK PENIANGAN
Mengetahui, PADA TANGGAL : 5 OKTOBER 2009 .
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1A

SUPARDI,S.Pd.SD WAHYUDI,S.Pd.SD
NIP.19600828 198207 1 001 NIP.19750530 199903 1 004
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

Sekolah : SDN 2 Lebak Peniangan
Kelas / Semester : ………………………..

NO MATA PELAJARAN KKM KETERANGAN
SEMESTER 1 SEMESTER 2 TA. 2009/2010
1 Pendidikan Agama Islam
2 Pendidikan Kwarganegaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Keterampilan
8 Pendidikan Jasmani
9 Bahasa Lampung
10 Bahasa Inggris

DITETAPKAN DI : LEBAK PENIANGAN
Mengetahui, PADA TANGGAL : 5 OKTOBER 2009 .
Kepala Sekolah, Guru Kelas ……………

SUPARDI,S.Pd.SD ________________________
NIP.19600828 198207 1 001 NIP.
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN WAY KANAN
SD NEGERI 2 LEBAK PENIANGAN
KECAMATAN REBANG TANGKAS

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
(TAHUN AJARAN 2009/2010)

NO MAPEL KKM / KELAS KKM SEKOLAH
1 2 3 4 5 6
1 Pendidikan Agama Islam
2 Pendidikan Kwarganegaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Keterampilan
8 Pendidikan Jasmani
9 Bahasa Lampung
10 Bahasa Inggris

DITETAPKAN DI : LEBAK PENIANGAN
Mengetahui, PADA TANGGAL : 5 OKTOBER 2009 .
Kepala Sekolah, Ketua Tim Penyusun KKM,

SUPARDI,S.Pd.SD ________________________
NIP.19600828 198207 1 001 NIP.

About these ads

15 Oktober 2009 - Posted by | Uncategorized |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: